top of page

(What’s Inside?) Triple Bottom Line, Fondasi Perusahaan Di Era Sustainability


Halo Engineers!

Kali ini kita akan membahas Triple Bottom Line atau yang lebih sering disebut 3Ps dalam dunia perindustrian. Check it out!

Dunia perindustrian modern telah mengarah pada era sustainability dimana perusahaan berfokus pada pembangunan keberlanjutan usaha mereka. Demi tercapainya tujuan tersebut perlu memperhatikan beberapa aspek penting yang menjadi fondasi dasar pembangunan perusahaan.

Seorang pendiri perusahaan konsultan asal Inggris bernama John Elkington adalah orang pertama yang memperkenalkan istilah Triple Bottom Line atau tiga fondasi dasar yang harus disiapkan perusahaan dalam membangun usaha yang berkelanjutan . Triple Bottom Line sendiri terdiri atas tiga aspek, yakni people, planet, and profit alias 3Ps.

1. People

Sebuah perusahaan tentu saja didirikan oleh manusia, dengan manusia sebagai pekerjanya dan hasil produksinya digunakan oleh manusia lain. Suatu perusahaan yang adalah perusahaan yang bisa memberikan dampak postif bagi manusia baik di dalam maupun di luar perusahaan. Seringkali perusahaan memberi bantuan sosial berupa beasiswa pendidikan dan pelatihan usaha kecil dan menengah untuk mendukung perkembangan usaha masyarakat di sekitar perusahaan. Dengan kata lain, jika sebuah perusahaan mendapatkan kepercayaan dan dukungan dari masyarakat maka besar kemungkinan perusahaan tersebut berumur panjang.

2. Planet

Perusahaan tentu memerlukan sumber daya untuk memproduksi suatu barang. Sumber daya ini diambil dari alam di sekitar. Nah, bayangkan kalau sumber daya alam di planet ini habis! Perusahaan tentu akan berhenti berproduksi. Karena itulah konsep planet menjadi hal yang penting dalam dunia perindustrian. Banyak perusahaan memulai inovasi agar limbah yang dihasilkan dari produksinya dapat diminimalisasi dan menggunakan sumber daya sehemat mungkin. Selain itu perusahaan juga harus mendukung usaha pelestarian alam agar bumi kita tetap terjaga kelestariannya.

3. Profit

Tujuan berdirinya sebuah perusahaan tidak lain adalah mencari keuntungan. Agar perusahaan terus bertahan dan berkembang, maka perusahaan harus menghasilkan keuntungan dari hasil produksinya. Tanpa profit, perusahaan juga tidak akan bisa menyokong konsep people dan planet , bukan?


Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page