top of page

Review Matkul ala Maba Industri 2016


Study club merupakan salah satu program kerja dari divisi Professional Skill HMP Teknik Industri Universitas Ma Chung. Study club periode 2016/2017 diketuai oleh Felix Chandra. Study club ini bertujuan untuk mereview mata kuliah dan membantu mahasiswa Teknik Industri Universitas Ma Chung yang kesulitan dalam proses pembelajaran.

Selain tutor mengajarkan materi di depan kelas (direct speaking), study club juga membentuk forum diskusi. Jika salah seorang mahasiswa tidak memahami materi yang disampaikan dosen, dapat bertanya kepada tutor maupun teman di forum d

iskusi, sehingga dapat saling memahami materi yang telah disampaikan oleh dosen. Study club diadakan di ruang kelas pada hari senin setiap minggu pada pukul 12.00-13.00 dan setiap hari jumat 2 minggu sekali untuk pembelajaran Auto CAD pada pukul 13.00-15.00.

Kegiatan yang dimulai pada akhir Oktober 2016 ini memili beberapa tutor, yaitu Felix, Ivan, dan Mega dari Teknik Industri angkatan 2015 serta Yonathan, Kevin, dan Maria dari Teknik Industri angkatan 2014. Materi yang diajarkan kepada mahasiswa Teknik Industri angkatan 2016 yaitu semua mata kuliah semester 1 namun lebih dikhususkan pada matakuliah Auto CAD, Fisika dasar, dan Kalkulus I karena mata kuliah tersebut memiliki tingkat kesulitan dari pada mata kuliah yang lainnya. Pada saat study club berlangsung, tutor akan bertanya mata kuliah apa yang mahasiswa Teknik Industri angkatan 2016 merasa kesusahan. Kebanyakan dari mereka menjawab mata kuliah lain selain Auto CAD, Fisika dasar dan kalkulus I.

Salah satu mata kuliah yang diajarkan pada Study club adalah Auto CAD. Perangkat lunak komputer CAD (Computer Aided Desing/Drafting) untuk menggambar 2D dan 3D yang dikembangkan oleh Autodesk ini merupakan bekal untuk salah satu mata kuliah di semester 2 yaitu menggambar teknik. Maba cukup antusias mengikuti kegiatan ini. Biasanya mereka bertanya hal apapun tentang perkuliahan yang mereka rasa kurang jelas. Mereka juga memberi respon yang positif ketika ditanya. Mereka selalu menjawab ketika tutor memberi pertanyaan.

Felix, ketua Study Club berpesan pada maba agar pada semester satu dan dua ini, mereka harus menumpuk nilai yang sebaik-baiknya karena semester 3 dan seterusnya merupakan semester berat dan pelajarannya pun semakin susah sehingga untuk mendapatkan hasil yang maksimal membutuhkan kerja keras yang cukup ekstra. Ia berharap dengan adanya pembelajaran Auto CAD dan Study Club, mahasiswa baru dapat meningkatkan keahlian untuk menggunakan aplikasi Auto CAD dan mengerti berbagai mata kuliah dimana mereka mengalami kesulitan.


Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page