top of page

Kunci Manajemen Waktu Agar Tugas Cepat Tuntas


Menunda tugas yang seharusnya diselesaikan lebih cepat dapat menyebabkan banyak permasalahan yang akan muncul. Seperti halnya tugas yang akan semakin lebih banyak. Selain itu, karena deadline pengerjaan tugas yang menjadi lebih dekat, maka ke-stress-an akan meningkat. Jika sudah demikian, pekerjaan yang dilakukan asal-asalan, sehingga tidak dapat mendapatkan nilai yang maksimal.

Hal tersebut dapat dihindari dengan beberapa hal. Berikut ini tips agar dapat mengerjakan tugas secara tepat waktu.

1. Perencanaan

Perencaaan dilakukan agar dapat melakukan sesuatu secara terarah. Rencanakan hal-hal apa saja yang akan dikerjakan terlebih dalulu, seperti merencanakan untuk mengerjakan tugas dengan pengumpulan yang lebih cepat dari tugas lainnya.

2. Fokus Pada Tugas

Fokus merupakan hal penting dalam mengerjakan sesuatu. Ketika kita sudah fokus dengan pekerjaan kita, maka kita dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Hasil yang kita dapatkan juga akan lebih maksimal karena kita hanya fokus pada satu hal saja. Berusaha fokus dalam mengerjakan tugas dapat dilakukan dengan menjauhkan gadget atau media sosial Anda. Kedua hal terbut dapat mempengaruhi tingkat fokus dalam mengerjakan tugas.

3. Review Kembali Aktivitas

Review merupakan hal penting untuk mengingat hal apa saja yang telah dilakukan hari ini. Selain itu, dengan melakukan review, juga dapat melihat target apa saja yang telah kita capai pada hari ini.

4. Tidak Menunda-nunda

Menunda adalah hal yang paling sering kita lakukan. Berilah motivasi pada diri sendiri bahwa kita tidak boleh menunda pekerjaan. Ingatlah bahwa semakin sering kita menunda. maka pekerjaan kita akan semakin banyak.

5. Pahami Ritme Kerja

Setiap orang memiliki waktu kerja maksimal yang berbeda-beda. Pahamilah diri kalian kapan kalian akan mengerjakan tugas secara maksimal pada malam atau pagi hari. Apabila waktu kerja maksimal Anda pada pagi hari, maka kerjakanlah tugas-tugas yang berat pada pagi hari agar hasilnya lebih maksimal dan kerjakan tugas yang mudah pada malam hari.

6. Berani Bilang "Tidak"

Terkadang, semakin rajin seseorang makan, maka akan semakin banyak yang akan meminta tolong. Jika hal ini terjadi, maka Anda harus berani berkata tidak. Jika Anda tidak tega, maka Anda bisa menyeleksi tugasnya. Apabila tugasnya ringan dan Anda memiliki banyak waktu untuk mengerjakan maka terima saja, jika tidak jangan diterima karena akan menyusahkan Anda sendiri. Selain itu, tugas inti Anda juga tidak dapat dikerjakan secara maksimal.

7. Selesaikan sebelum mood berkurang

Lakukan tugas Anda saat mood Anda sedang dalam keadaan baik. Apabila mood Anda berkurang, maka kemungkinan besar tugas yang Anda lakukan akan mengalami banyak kesalahan. Jagalah mood Anda saat Anda mengerjakan tugas-tugas yang berat. Kerjakan tugas yang berat disaat keadaan tubuh Anda frash agar hasil yang didapatkan maksimal. Jangan kerjakan tugas berat saat tubuh Anda Lelah, karena hal itu akan mempengaruhi mood Anda dan mood Anda akan semakin memburuk.

8. Hindari dan jauhi dari pengganggu Anda

Ketika sedang mengerjakan tugas dan dalam keadaan yang stabil, jauhi orang-orang yang dapat mengganggu konsentrasi Anda. Hal tersebut akan menghentikan pekerjaan dan konsentrasi Anda. Hindari juga terlalu sering berbicara agar konsentrasi Anda tidak mudah pecah. Selain itu, jauhkan dari hal-hal yang menimbulkan suara atau apapun yang membuat konsentrasi Anda tidak karuan.

So, mari kita me-manage­ waktu kita agar tugas kita dapat tuntas dengan cepat

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page