top of page

Sekilas tentang PSI

Holla, Engineers! Sudah pernah lihat pameran Perancangan Sistem Industri (PSI)? Keren-keren banget kan produknya? Yuk kepoin sekilas tentang PSI!

Pertama, ada Andy dari Teknik Industri Angkatan 2013 yang menceritakan produk rancangannya berupa konsep ulang kerja dari tongkat pengganti bohlam lampu. Ko Andy, sapaan akrabnya, mengaku mendapat ide dari pengamatan aktifitas mengganti bohlam lampu yang ada di sekitar rumahnya. Andy and the geng merasa bahwa bohlam tersebut memiliki kekurangan, sehingga berinisiatif untuk memperbaharui sebuah karsa cipta yang telah ada. Tongkat pengganti bohlam lampu yang awalnya tunggal dibuat bertingkat dan mengganti tempat dudukan dengan bahan kawat besi yang fleksibel dan terbuat dari stainless steel.

Pergantian tempat dudukan lampu ini dimaksudkan agar kawat besi yang ada diujung dapat menyesuaikan dengan bentuk bohlam lampu yang akan diganti. Harga dari tongkat pengganti bohlam lampu ini terjangkau untuk sasaran pasar kepala rumah tangga yang mandiri, tongkat ini dijual seharga Rp 300.000,-.

Selain Andy, Enggi dari Teknik Industri Angkatan 2013 and the gengs juga merancang produk yang tak kalah inovatif! Berawal dari hobi travelling-nya, seringkali Enggi merasa kesulitan karena tidak tersedianya tempat gantungan baju di tempat umum khususnya di tempat wisata. Kemudian muncullah pemikiran untuk membuat gantungan baju portable yang mudah dibawa saat travelling.

Konsep kerja gantungan baju portable ini terdiri dari tiga papan ukuran sedang, dua buah engsel, suction cup dengan kekuatan menahan beban 2 kg, namun terbuat dari bahan yang ringan, serta gantungan baju yang dapat dilipat. Sasaran produk ini adalah orang-orang yang senang berpergian keluar rumah dan mengharuskan mereka untuk mengganti baju. Gantungan ini dijual dengan harga yang ramah dikantong yaitu sekitar Rp. 45.000,-. Kendala yang dihadapi oleh Enggi dalam membuat produk ini adalah kesulitan dalam mencari suction cup yang mampu menahan beban hingga 2 kg serta cutting akrilik yang mahal dan harus dipesan.

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page